Merawat Orang Sakit Dalam Nilai-nilai Aswaja

Merawat Orang Sakit Dalam Nilai-nilai Aswaja. perawatan orang sakit dalam Islam lebih mengarah kepada spiritual dan doa, optimis, husnudzan kepada Allah dan bentuk Ruhani lainnya.

Diceritakan dari pengalaman KH Ma'ruf Khozin dalam facebooknya. tanggal 9 September 2019.

Ada seorang Ibu Dosen di Universitas NU Surabaya yang menghampiri KH Ma'ruf Khozin dan menanyakan tentang nilai-nilai keperawatan dalam pandangan Aswaja.

Bacalagi: Pesan Mbah Moen Agar Punya Pakaian Luar dan Dalam

KH Ma'ruf Khozin pun sedikit lebih berhati-hati dalam menjawab karena tidak ada persiapan sebelumnya. Untungnya, beliau dulu pernah diminta mengisi Fikih Kedokteran di RSI Jemursari, Rumah Sakit kebanggaan NU di Surabaya. Juga RSI Wonokromo.

Pada intinya perawatan orang sakit dalam Islam lebih mengarah kepada spiritual dan doa, optimis, husnudzan kepada Allah dan bentuk Ruhani lainnya. Namun faktor ini pula yang menjadi harapan dan peluang besar dalam proses kesembuhan. Sebab tugas seorang perawat dengan dedikasi sabar, ramah dan sebagainya sudah dijelaskan dalam Ilmu Medis dan Kuliah Ilmu Keperawatan.

Misalnya ketika Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam sedang sakit menjelang wafatnya, Sayidah Aisyah membacakan Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas, kemudian ditiupkan dan diusapkan ke tubuh Nabi (HR Bukhari)

Bacalagi: Posisi NU Pasca Wafatnya KH Maimoen Zubair

Jika Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam menjenguk beberapa sahabat yang sedang sakit maka Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam senantiasa mendoakan kesembuhan, mengajak untuk sabar menghadapi musibah dan sebagainya.

Jika menjelang wafatnya pasien hendaknya perawat yang bisa membaca Al Qur'an untuk membaca Yasin di dekatnya. Ini ciri khas NU asli. Meskipun hadis dalam masalah ini adalah dhaif namun ada sahabat Ghudlaif Tsumali yang sedang sakit dan dijenguk oleh beberapa Tabi'in, maka dibacakan Yasin oleh Sholeh bin Syuraih. Riwayat ini terdapat dalam Musnad Ahmad dan dinilai Hasan oleh Imam Ibnu Hajar dalam kitab Talkhis.

Bacalagi: Risalah Ahlussunnah Wal Jamaah Mbah Hasyim Asy'ari

Selesai wawancara, KH Ma'ruf khozin pun bertanya dari mana beliau tahu beliau, Ibu tersebut mendapat arahan dari Prof. Kacung Marijan, Guru Besar Ilmu Politik Unair, pernah menjabat Dirjen di Kemendikbud di masa Pak SBY, pernah jadi Ketua PBNU periode sebelumnya, dan saat ini sedang menjadi Wakil Rektor Unusa.

COMMENTS

Nama

AjaranNU,13,Akidah,13,AmaliyahNU,9,Antihoax,8,Bandengan,3,Banom,25,Banser,5,Bapangan,2,Bulu,2,Demaan,3,Fatayat,7,Gpansor,6,Haji,1,Hikmah,18,Internasional,16,IPNU IPPNU,9,Jatman,2,Jepara,39,Jobokuto,2,JQH,5,Kajian,32,Karangkebagusan,1,Kauman,1,Kedungcino,3,Keislaman,36,Kuwasen,3,Lakpesdam NU,1,LAZISNU,1,LBMNU,2,LDNU,10,LESBUMI,1,LFNU,1,LKNU,2,LPBHNU,1,LPNU,4,LTMNU,3,LWPNU,1,Maarif,10,Mulyoharjo,1,Muslimat,9,MWCNU,23,Nasional,39,News,82,NU,36,NUabad21,8,NUDunia,10,Pagarnusa,1,Panggang,1,Pendidikan,11,Pengkol,1,Potroyudan,1,RMI,8,Saripan,3,SejarahNU,8,Tokoh,9,Ujungbatu,1,Wonorejo,3,Ziarah,13,
ltr
item
MWC NU Jepara: Merawat Orang Sakit Dalam Nilai-nilai Aswaja
Merawat Orang Sakit Dalam Nilai-nilai Aswaja
Merawat Orang Sakit Dalam Nilai-nilai Aswaja. perawatan orang sakit dalam Islam lebih mengarah kepada spiritual dan doa, optimis, husnudzan kepada Allah dan bentuk Ruhani lainnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSeSDruGKL5lSkqp6d2T3P9iZIrx5JF66B5qWlq572vq-m9eliegnf5IFECq8FqXfsekVtBlzN4xIfe7kzxkFlo-Q1AeYMSyACDsuEQ25pBaFvcJkntk7Sajf-ZtrynuECwr8ZHdaZZTM/s640/khmarufkhozin.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSeSDruGKL5lSkqp6d2T3P9iZIrx5JF66B5qWlq572vq-m9eliegnf5IFECq8FqXfsekVtBlzN4xIfe7kzxkFlo-Q1AeYMSyACDsuEQ25pBaFvcJkntk7Sajf-ZtrynuECwr8ZHdaZZTM/s72-c/khmarufkhozin.jpg
MWC NU Jepara
https://www.mwcnujepara.com/2019/09/merawat-orang-sakit-dalam-nilai-nilai.html
https://www.mwcnujepara.com/
https://www.mwcnujepara.com/
https://www.mwcnujepara.com/2019/09/merawat-orang-sakit-dalam-nilai-nilai.html
true
3557243800941901703
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy