Khotbah Tanpa Huruf Alif Oleh Imam Ali Bin Abi Tholib

Beliau berkhatbah berisi sekitar tujuh ribu kata. Jumlah kata tersebuat sudah biasa, tapi ini sangat fenomenal sekali karena tidak mengandung satu pun huruf “alif” (ا).

Semasa zaman shohabat, ada diantara kalangan Shohabat Nabi Muhammad Shollallaahu Alaihi Wasallam, yaitu Sayyidinaa 'Ali karromalloohu wajhah yang memang dikenal sebagai Shohabat cerdas, pintar dan alim. Rosul juga pernah bersabda bahwa "Jika ilmuku (Nabi Muhammad) diibaratkan laksana kota, maka ilmu 'Ali inilah laksana pintu gerbang kotanya.”

Kisah dan cerita tentang hal-hal kecerdasan soerang shahabat Sayyidina 'Ali ini sangat tersebar di dunia. Beliau adalah termasukorang yang "alladzina dluribal matsalu bihim" atau artinya orang-orang yang kecerdasan-nya sampai dijadikan pepatah: cerdas bagai 'Ali.

Ibnu Abil Al-Hadid, dalam Syarh Nahjil Al-Balaghoh, merekam kisah keintelektualan seorang Sayyidina 'Ali yang "mufrith" atau di luar batas. Jadi, suatu hari shahabat Nabi berkumpul dan berbincang-bincang. Beliau-beliau bercerita tentang kaidah keilmuan yaitu huruf yang paling sulit dihindari dalam bahasa Arab.

Mereka para shahabat pada akhirnya ber-sepakat bahwa ada huruf yang paling sulit dihindari adalah huruf “alif” dan segala macam varian huruf alif tersebut seperti hamzah washal, hamzah qath’, dan lainnya.

Kemudian suatu ketika, Sayyidina Ali yang mendengar hal itu pun langsung maju ke depan dan mulai berkhotbah.

Beliau berkhatbah berisi sekitar tujuh ribu kata. Jumlah kata tersebuat sudah biasa, tapi ini sangat fenomenal sekali karena tidak mengandung satu pun huruf “alif” (ا).

Khatbah ini dikenal dengan nama “khuthbah muniqah” yang berarti khatbah yang sangat luar biasa. Ya, luar biasa karena tidak ada huruf “alif” dan diucapkan tanpa teks serta tanpa rancangan sebelumnya.

Berikut ini kutipan khatbah beliau serta terjemahnya:

حَمِدْتُ مَنْ عَظُمَتْ مِنَّتُهُ وَسَبَغَتْ نِعْمَتُهُ وَتَمَّتْ كَلِمَتُهُ وَنَفَذَتْ مَشِيَّتُهُ وَبَلَغَتْ حُجَّتُهُ وَعَدَلَتْ قَضِيَّتُهُ وَسَبَقَتْ غَضَبَهُ رَحْمَتُهُ

“Aku memuji Dzat yang anugerah-Nya agung, nikmat-Nya sempurna, Kalimat-Nya purna, dan kehendak-Nya selalu terjadi. Dzat yang bukti-bukti-Nya nyata, keputusan-Nya adil, dan Dzat yang rahmat-Nya selalu mendahului murka-Nya.”

حَمِدْتُهُ حَمْدَ مُقِرٍّ بِرُبُوبِيَّتِهِ مُتَخَضِّعٍ لِعُبُودِيَّتِهِ مُتَنَصِّلٍ مِنْ خَطِيئَتِهِ مُعْتَرِفٍ بِتَوْحِيدِهِ مُسْتَعِيذٍ مِنْ وَعِيدِهِ مُؤَمِّلٍ مِنْ رَبِّهِ مَغْفِرَةً تُنْجِيهِ يَوْمَ يَشْغَلُ كُلٌّ عَنْ فَصِيلَتِهِ وَبَنِيهِ

“Aku memuji-Nya dengan pujian orang yang mengakui ketuhanan-Nya, yang tunduk karena kehambannya, yang meminta maaf katena kesalahannya, yang mengakui ketauhidan-Nya, yang berlindung dari ancaman-Nya, serta memuji seperti orang yang senantiasa mengharap ampunan-Nya pada hari di mana semua orang tidak peduli kepada keluarga dan anaknya.”

وَشَهِدْتُ لَهُ شُهُودَ عَبْدٍ مُخْلِصٍ مُوقِنٍ ، وَفَرَّدْتُهُ تَفْرِيدَ مُؤْمِنٍ مُتَيَقِّنٍ، وَوَحَّدْتُهُ تَوْحِيدَ عَبْدٍ مُذْعِنٍ لَيْسَ لَهُ شَرِيكٌ فِي مُلْكِهِ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ فِي صُنْعِهِ، جَلَّ عَنْ مُشِيرٍ وَوَزِيرٍ وَعَوْنٍ وَمُعِينٍ وَنَظِيرٍ

“Dan aku bersaksi untuk-Nya sebagaimana kesaksian seorang hamba yang ikhlas dan yakin. Mengesakan-Nya sebagaimana pengesaan orang beriman nan mantap. Serta mentauhidkan-Nya sebagaimana tauhid hamba yang taat. Dia tak memiliki sekutu di kerajaan-Nya, serta tidak memiliki pembantu dalam ciptaan-Nya. Maha agung Dia dari segala penunjuk, wazir, pertolongan, pembantu, serta sekutu.”

عَلِمَ فَسَتَرَ وَبَطَنَ فَخَبَرَ وَمَلَكَ فَقَهَرَ وَعُصِيَ فَغَفَرَ وَعُبِدَ فَشَكَرَ وَحَكَمَ فَعَدَلَ وَتَكَرَّمَ وَتَفَضَّلََ

“Ia mengetahui namun Ia menutup Dzat-Nya. Ia tersimpan namun Ia menunjukkan. Ia menguasai lalu Ia perkasa. Ia didurhakai namun Ia memaafkan. Ia disembah namun Ia menerima syukur. Ia memutuskan namun Ia tetap adil. Ia mulia dan Ia tetap memberi anugerah.”

لمْ يَزَلْ وَلَنْ يَزُولَ لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْ‏ءٌ وَهُوَبَعْدَ كُلِّ شَيْ‏ءٍ ، رَبٌّ مُتَعَزِّزٌ بِعِزَّتِهِ مُتَمَكِّنٌ بِقُوَّتِهِ مُتَقَدِّسٌ بِعُلُوِّهِ مُتَكَبِّرٌ بِسُمُوِّهِ ، لَيْسَ يُدْرِكُهُ بَصَرٌ وَ لَمْ يُحِطْ بِهِ نَظَرٌ ، قَوِيٌّ مَنِيعٌ بَصِيرٌ سَمِيعٌ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

“Dia tidak sirna dan tidak akan sirna. Tidak ada yang menyerupai-Nya. Dia akan tetap ada setelah segala sesuatu sirna. Dia adalah Tuhan yang mulia karena memang Dia mulia. Dia Maha Mampu dengan kekuatan-Nya. Maha Suci karena keluhuran-Nya. Maha Sombong karena kebesaran-Nya. Tidak ada penglihatan yang bisa mengetahuinya. Tidak pula pandangan mampu meliputinya. Dia Maha Kuat, Maha Mencegah, Maha Melihat, Maha Mendengar, Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.”

عَجَزَ عَنْ وَصْفِهِ مَنْ وَصَفَهُ وَضَلَّ عَنْ نَعْتِهِ مَنْ عَرَفَهُ ، قَرُبَ فَبَعُدَ وَبَعُدَ فَقَرُبَ ، يُجِيبُ دَعْوَةَ مَنْ يَدْعُوهُ وَيَرْزُقُهُ وَيَحْبُوهُ ، ذُو لُطْفٍ خَفِيٍّ وَبَطْشٍ قَوِيٍّ وَرَحْمَةٍ مُوسَعَةٍ وَعُقُوبَةٍ مُوجِعَةٍ ، رَحْمَتُهُ جَنَّةٌ عَرِيضَةٌ مُونِقَةٌ ، وَعُقُوبَتُهُ جَحِيمٌ مَمْدُودَةٌ مُوبِقَةٌ

“Orang yang mendeskripsikannya akan kesulitan menjelaskan. Dan orang yang mengetahuinya akan tersesat dari sifatnya. Dia dekat namun jauh dan ia jauh namun dekat. Dia mengabulkan sesiapa yang berdoa; Dia memberinya rizki dan menganugerahkannya nikmat. Dia memiliki kelembutan yang samar, namun siksa yang juga besar. Dia memilki rahmat yang luas namun juga memliki siksa yang menyakitkan. Rahmatnya adalah surga yang lebar dan indah, siksanya adalah neraka yang panjang dan merusak.”

Itu adalah potongan dari khatbah Sayidina Ali yang luar biasa. Meskipun tidak menyampaikan pesan khusus, namun keajaiban sastrawinya sangat-sangat melampui kebiasaan.

Kalimat seperti ini dalam ilmu badi’ (ilmu yang membahas keindahan bahasa Arab) disebut “badi’ hadzf” atau susunan kalimat yang penyusunnya berkomitmen untuk tidak menggunakan huruf tertentu.

Selain tidak menggunakan huruf “alif”, Sayidina Ali juga pernah dalam kesempatan lain menyusun pidato yang tidak menggunakan huruf “ra”.

Tunggu, masih ada lagi, yakni, dia berpidato tanpa menggunakan huruf yang memiliki titik (misal: ب ت ق ث ش). Dahsyat bukan?

COMMENTS

Name

AjaranNU,2,Akidah,5,AmaliyahNU,2,Antihoax,1,Bandengan,3,Banom,18,Banser,2,Bapangan,2,Bulu,1,Demaan,2,Fatayat,3,Gpansor,4,Hikmah,11,Internasional,10,IPNU IPPNU,6,Jatman,2,Jepara,14,Jobokuto,2,JQH,3,Kajian,16,Karangkebagusan,1,Kauman,1,Kedungcino,2,Keislaman,16,Kuwasen,3,Lakpesdam NU,1,LAZISNU,1,LBMNU,2,LDNU,3,LESBUMI,1,LFNU,1,LKNU,1,LPBHNU,1,LPNU,1,LTMNU,2,LWPNU,1,Maarif,5,Mulyoharjo,1,Muslimat,5,MWCNU,13,Nasional,16,News,30,NU,11,NUabad21,3,NUDunia,4,Pagarnusa,1,Panggang,1,Pendidikan,5,Pengkol,1,Potroyudan,1,RMI,4,Saripan,3,SejarahNU,3,Tokoh,4,Ujungbatu,1,Wonorejo,3,Ziarah,7,
ltr
item
Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Jepara Kota: Khotbah Tanpa Huruf Alif Oleh Imam Ali Bin Abi Tholib
Khotbah Tanpa Huruf Alif Oleh Imam Ali Bin Abi Tholib
Beliau berkhatbah berisi sekitar tujuh ribu kata. Jumlah kata tersebuat sudah biasa, tapi ini sangat fenomenal sekali karena tidak mengandung satu pun huruf “alif” (ا).
https://4.bp.blogspot.com/-OOmUBmlQupI/XMPVE5m7uxI/AAAAAAAAAhM/wgwYL8ak1Fo_sEp3zhyILxCPnmbnifcAQCLcBGAs/s320/11255736_443573322478342_7120801638077855746_n.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-OOmUBmlQupI/XMPVE5m7uxI/AAAAAAAAAhM/wgwYL8ak1Fo_sEp3zhyILxCPnmbnifcAQCLcBGAs/s72-c/11255736_443573322478342_7120801638077855746_n.jpg
Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Jepara Kota
https://www.mwcnujepara.com/2019/04/khotbah-tanpa-huruf-alif-oleh-imam-ali.html
https://www.mwcnujepara.com/
https://www.mwcnujepara.com/
https://www.mwcnujepara.com/2019/04/khotbah-tanpa-huruf-alif-oleh-imam-ali.html
true
3557243800941901703
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy