Karomah K.H. Makhrus Ali Lirboyo ketika menghentikan hujan

bukti karomah ulama-ulama NU. KH. Makhrus Ali dalah kyai kharismatik yang aktif bergerilya dan memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia dan kedaulatan Nahdlotul Ulama.

Karomah K.H. Makhrus Ali Lirboyo ketika menghentikan hujan.
Matahari yang biasa disebut mentari pagi itu bersinar cukup bersemangat dan cerah. Sinar matahari hangatnya menembus gumpalan awan yang menyingsing di atas langit kota Kediri. Suara huruk-pikuk pengendara sepeda motor dan sepeda maupun mesin lainna yang berlalu lalang di jalan raya Bandar kota Kediri seakan ikut menghangatkan suasana waktu setempat. Berduyun-duyun ribuan santri Pondok Pesantren Lirboyo Memadati halaman gedung Universitas Tri Bhakti (UIT) untuk mempersiapkan dan mengikuti perhelatan akbar yang diselenggarakan oleh pengasuh dan pengurus Ponpes Lirboyo dalam rangka peresmian Universitas Tri Bhakti.

Kemudian dak lama, para tamu undangan baik dari kalangan pejabat pemerintah dan ulama pun satu-persatu berdatangan untuk menjadi saksi pada momentum tersebut. Bahkan, rencananya Bapak Menteri Agama pada era presiden Soeharto saat itu, H. Alamsyah Ratu Perwira Negara juga akan ikut andil dalam peresmian UIT tersebut.

Namun, ketika iring-iringan Menteri Agama akan dijadwalkan datang, dan para santri serta ratusan Banser telah membentuk pagar betis dalam rangka menyambut tamu kehormatan tersebut. Tiba-tiba langit cerah kota Kediri dipadati awan gelap yang pekat. Hujan pun turun dengan deras dan membuat panitia serta tamu undangan kebingungan dan panik.

Lain halnya dengan K.H. Makhrus Ali (pengasuh Pon-Pes Lirboyo), beliau dengan tenang memecah kepanikan para hadirin dengan naik di atas podium. Dengan pandangannya yang tajam, dan kharismanya yang menyejukkan, ulama kharismatik kelahiran Cirebon 26 Mei 1906 itu berkata; "para santri dan semua tamu undangan harap tetap tenang, mari kita angkat tangan dan memohon kepada Allah Ta'ala agar hujan ini dihentikan, " terangnya. Setelah K.H. Makhrus Ali berdoa sejenak belum ada 2 menit, hujanpun berhenti. Langit yang tadinya semula gelap, perlahan-lahan menjadi terang benderang.

Setelah beberapa saat, para hadirinpun terpana dengan kejadian "ganjil" yang di luar kebiasaan tersebut. Tamu undanganpun ada yang berbisik "wah hujan langsung berhenti ketika kyai Makhrus berdoa! Ini itu yang dinamakan karomah" jelasnya pada tamu undangan yang lain. Tak selang lama, rombongan menteri Agamapun datang, dan acara peresmian UIT pun digelar. Kurang lebih 1 jam prosesi itu berlangsung, dan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan musholla kampus. Usai acara persmian yang ditutup dengan shalawat nabi, rombongan kementrianpun bertolak kembali ke balai kota Kediri. Anehnya, belum sempat kaki para hadirin berpindah, hujan deras tiba-tiba datang lagi dan mengguyur basah kota Kediri.

Itulah salah satu bukti karomah ulama-ulama NU. KH. Makhrus Ali dalah kyai kharismatik yang aktif bergerilya dan memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia dan kedaulatan Nahdlotul Ulama. Beliau ikut dalam barisan Sabilillah, dan bersama para santrinya kyai Makhrus juga ikut berjuang dalam pertempuran 10 november 1945, yang kemudian hari itu dikenal dengan "hari pahlawan nasional". Kita sebagai bagian dari kader pemuda Ansor tentunya sangat tersanjung memiliki ulama-ulama yang cukup membanggakan dan menjadi suri tauladan seperti kyai Makhrus tersebut!

(ditulis oleh; Saiful Mujab, berdasarkan informasi dan cerita dari K.H Anwar Iskandar/gus War-Kediri-waktu ngaji ramadhan)

COMMENTS

Nama

AjaranNU,13,Akidah,13,AmaliyahNU,9,Antihoax,8,Bandengan,3,Banom,25,Banser,5,Bapangan,2,Bulu,2,Demaan,3,Fatayat,7,Gpansor,6,Haji,1,Hikmah,19,Internasional,16,IPNU IPPNU,9,Jatman,3,Jepara,39,Jobokuto,2,JQH,6,Kajian,32,Karangkebagusan,1,Kauman,1,Kedungcino,3,Keislaman,36,Kuwasen,3,Lakpesdam NU,1,LAZISNU,1,LBMNU,2,LDNU,11,LESBUMI,1,LFNU,1,LKNU,2,LPBHNU,1,LPNU,5,LTMNU,3,LWPNU,1,Maarif,11,Mulyoharjo,1,Muslimat,9,MWCNU,23,Nasional,39,News,83,NU,36,NUabad21,9,NUDunia,10,Pagarnusa,1,Panggang,1,Pendidikan,11,Pengkol,1,Potroyudan,1,RMI,8,Saripan,3,SejarahNU,9,Tokoh,9,Ujungbatu,1,Wonorejo,3,Ziarah,13,
ltr
item
MWC NU Jepara: Karomah K.H. Makhrus Ali Lirboyo ketika menghentikan hujan
Karomah K.H. Makhrus Ali Lirboyo ketika menghentikan hujan
bukti karomah ulama-ulama NU. KH. Makhrus Ali dalah kyai kharismatik yang aktif bergerilya dan memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia dan kedaulatan Nahdlotul Ulama.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwFpTqOo8kH3GvJEIJM57Y2H2XC5vptALfUwjoxK_22iV1isIBARMRmm7rTBHjUnUxoxGrP2O5eGJqoKN310SM4U53UUkbQig-KXNvlwz8Tbzmhu-J46AzSTXcvN3NZKcdcsWlrwopvNQ/w640-h478/IMG-20160112-WA0006.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgwFpTqOo8kH3GvJEIJM57Y2H2XC5vptALfUwjoxK_22iV1isIBARMRmm7rTBHjUnUxoxGrP2O5eGJqoKN310SM4U53UUkbQig-KXNvlwz8Tbzmhu-J46AzSTXcvN3NZKcdcsWlrwopvNQ/s72-w640-c-h478/IMG-20160112-WA0006.jpg
MWC NU Jepara
https://www.mwcnujepara.com/2023/12/karomah-kh-makhrus-ali-lirboyo-ketika-menghentikan-hujan.html
https://www.mwcnujepara.com/
https://www.mwcnujepara.com/
https://www.mwcnujepara.com/2023/12/karomah-kh-makhrus-ali-lirboyo-ketika-menghentikan-hujan.html
true
3557243800941901703
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy