Gus Muwafiq Menelusuri Jejak RA Kartini

Gus Muwafiq telah menghadiri dan mengisi Haul Karimunjawa tanggal 20 Juli 2019. Dan kemudian menelusuri jejak RA Kartini di Pendopo Kabupaten Jepara.

Ada seorang tokoh muslim dikalangan kita yang menganggap bahwa ada doktrin sesat dibalik lahirnya Islam Nusantara. Karena dengan Islam Nusantara, mereka mengajak umat untuk mengakui dan menerima berbagai budaya sekalipun budaya itu kufur.

Disini perlu dijelaskan bahwa prinsip kita kaum nahdliyin dalam mengembangkan tradisi dan kebudayaan, didasari sikap yang berimbang dan menjaga kesinambungan antara yang sudah ada dan mengambil hal baru. Budaya lama yang masih relevan, terus dipelihara dan dilestarikan, sementara budaya baru diterima, setelah dilakukan filterisasi dan penyesuaian. Ini sesuai dengan qaidah yang telah populer dikalangam kita:

المحافظة على القديم الصالح والاخذ بالجديد الاصلح.

"Melestarika kebaikan yang ada dan mengambil atau mengkreasi sesuatu yang baru yang lebih baik".

Bacalagi: Nenek Yang sedang Haji terjebak di Kamar Mandi

Terhadap budaya dan peradaban modern dari barat, kita memandang sebagai hasil inovasi dan kreativitas manusia atas dasar rasionalisme dalam menjawab tantangan yang kita hadapi dalam bentuk nilai-nilai, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Semua yang ada dalam peradaban dan kebudayaan modern berupa etos kerja, kedisiplinan, orientasi kedapan, motivasi penggunaan rasio dan kreativitas serta penemuan ilmu pengetahuan dan teknologi, merupakan hal-hal yang membawa manfaat bagi kesejahteraan hidup manusia.

Kita memandang kebudayaan dan peradaban modern dapat dimanfaatkan sepanjang tidak mengakibatkan bahaya dan tidak betentangan dengan prinsip-prinsip dasar akidah dan syari'at Islam. Jadi, catatan bahwa budaya yang dimaksud itu bukan budaya yang bertentangan dengan prinsip-prinsip ajaran Islam, tidak boleh ditawar-tawar lagi.

Bagi kita, tradisi tidak dilawankan dengan perubahan, tetapi perubahan dilakukan secara pelan-pelan dan hati-hati agar tidak merusak tatanan sistem budaya yang sesuai dengan ajaran Islam.

Bacalagi: Semangat Cipta Kemandirian Ranting NU Desa Pekalongan

Tradisi masyarakat Islam nusantara yang pada awalnya berkait dengan pesantren, kemudian menjadi bagian dari NU yang membantu sebuah akulturasi budaya Islam dengan budaya lokal. Penerimaan Islam secara kultural disadari sebagai sebuah kekuatan bagi pekembangan Islam itu sendiri. Ketika agama dan budaya menyatu, maka agama akan menjadi bagian integral dari masyarakar. Budaya sebagai kreasi manusia, mempunyai sisi positif yang dapat dilestarikan untuk kebaikan manusia secara personal maupun sosial.

Dalam menyikapi tradisi, yang kita lihat itu bukan tradisi atau budayanya, tetapi nilai yang dikandungnya. Jika sebuah produk budaya tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip ajaran Islam, dalam arti mengandung kebaikan dan kemaslahatan, maka bisa dipertahankan sebagai yang layak untuk diikuti.

Berbagai kesenian, kebanyakan lahir sebagai hasil persentuhan budaya Islam dan budaya lokal, seperti puji-pujian menjelang shalat, pada awalnya sangat kental dengan langgam jawa. Dibeberapa musholla di beberapa daerah dan juga sebagian pesantran, pujian dengan langgam tersebut kini pun masih dijumpai.

Bacalagi: Kantong Plastik Putih yang dibawa Mbah Yai Hamid Pasuruan

Hal itu melahirkan sebuah seni agama yang unik karena elemen-elemen Islam dan budaya, berpadu dan melahirkan sebuah estetika. Kesenian bernuansa religi dikalangan kita semakin berkembang secara kuantitas maupun kualitas, selaras dengan perkembangan zaman seperti seni hadrah, qasidah rebana dan lain lainnya.

Jadi, kita mewarisi pola dakwah yang telah dilakukan oleh pendahulu kita yaitu para wali songo yang telah berhasil mengislamkan penduduk pulau Jawa dan sekitarnya dengan cara damai.

Hal ini pun yang menjadi dasar Gus Muwafiq dalam setiap ceramahnya terus memegang prinsip-prinsip islam yang bisa berdampingan dengan budaya Indonesia. Gus Muwafiq telah menghadiri dan mengisi Haul Karimunjawa tanggal 20 Juli 2019. Dan kemudian menelusuri jejak RA Kartini di Pendopo Kabupaten Jepara.

COMMENTS

Name

AjaranNU,7,Akidah,6,AmaliyahNU,7,Antihoax,3,Bandengan,3,Banom,25,Banser,3,Bapangan,2,Bulu,2,Demaan,2,Fatayat,4,Gpansor,5,Hikmah,14,Internasional,13,IPNU IPPNU,9,Jatman,2,Jepara,24,Jobokuto,2,JQH,4,Kajian,19,Karangkebagusan,1,Kauman,1,Kedungcino,3,Keislaman,20,Kuwasen,3,Lakpesdam NU,1,LAZISNU,1,LBMNU,2,LDNU,4,LESBUMI,1,LFNU,1,LKNU,2,LPBHNU,1,LPNU,1,LTMNU,2,LWPNU,1,Maarif,6,Mulyoharjo,1,Muslimat,6,MWCNU,18,Nasional,25,News,52,NU,20,NUabad21,4,NUDunia,5,Pagarnusa,1,Panggang,1,Pendidikan,6,Pengkol,1,Potroyudan,1,RMI,5,Saripan,3,SejarahNU,7,Tokoh,7,Ujungbatu,1,Wonorejo,3,Ziarah,10,
ltr
item
Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Jepara Kota: Gus Muwafiq Menelusuri Jejak RA Kartini
Gus Muwafiq Menelusuri Jejak RA Kartini
Gus Muwafiq telah menghadiri dan mengisi Haul Karimunjawa tanggal 20 Juli 2019. Dan kemudian menelusuri jejak RA Kartini di Pendopo Kabupaten Jepara.
https://1.bp.blogspot.com/-I31kGYYb3Hk/XTXkxXjlk0I/AAAAAAAAAlo/wKl2zwNoc68vOPrUohAYdntevXZJeXqLgCLcBGAs/s640/WhatsApp%2BImage%2B2019-07-22%2Bat%2B7.37.22%2BPM.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-I31kGYYb3Hk/XTXkxXjlk0I/AAAAAAAAAlo/wKl2zwNoc68vOPrUohAYdntevXZJeXqLgCLcBGAs/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2019-07-22%2Bat%2B7.37.22%2BPM.jpeg
Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Jepara Kota
https://www.mwcnujepara.com/2019/07/gus-muwafiq-menelusuri-jejak-ra-kartini.html
https://www.mwcnujepara.com/
https://www.mwcnujepara.com/
https://www.mwcnujepara.com/2019/07/gus-muwafiq-menelusuri-jejak-ra-kartini.html
true
3557243800941901703
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy