Masjid yang beridentitas Aswaja Harus ditampakkan

Masjid yang beridentitas Aswaja Harus ditampakkan. Masjid Bintaro, Masjid al-Fitrah Surabaya, Masjid Kadilangu Demak, Masjid Menara Kudus, Masjid Jami

Dalam program Lembaga Takmir Masjid, MWC NU Jepara pernah membuat program bernama papanisasi. yaitu membuat papan lambang NU yang diperuntukkan kepada Masjid dan Mushola di seluruh Kecamatan Jepara. Hal ini bertujuan untuk menjaga aset NU dan juga aset aswaja. 

Menampakkan Identitas Teologis, masalahkah?


Ada yang menshare foto ini, kemudian dikomentari banyak orang. Diantara komentar yang kontra, bahwa menampakkan identitas teologis seperti ini, menurutnya, akan menyebabkan jamaah sepi, banyak orang menghindar, dan tak lagi digandrungi kawula muda perkotaan. 

Apakah statemen seperti itu tepat dan faktual? Atau justru menunjukkan, komentator benar-benar kudet dan kuper hanya berkutat di lingkungannya saja tanpa melihat lingkungan lain secara global bahkan? 

Mari kita ungkap fakta-faktanya secara global.

Identitas Level Negara

Beberapa negara di dunia, resmi menampakkan identitas teologisnya — terlepas teologinya apa. Misalnya Brunei Darussalam (Aswaja), Malaysia (Aswaja), Saudi Arabia (Wahabi), Maroko (Aswaja), Iran (Syiah). dan lain sebagainya.

Apakah ada kecaman dunia dari sisi penampakan teologis ini? Ada. Tapi jauh lebih banyak yang mengapresiasi. Lebih banyak lagi yang bersikap biasa. Negara-negara tersebut menjadi maju atau tidak sama sekali tidak terkait penampakan identitas itu. Jadi tidak ada masalah secara langsung, apalagi dianggap akan sepi pengunjung. Jelas salah besar dari Fakta yang ada. 

Identitas Level Kampus

Contoh lain dari menampakkan identitas di kampus adalah Universitas al-Azhar secara resmi dalam kurikulum dan sejarah seribu-tahunnya secara resmi sebagai kampus Aswaja, Ahlussunnah wal jamaah. Bukan kampus Wahabi atau yang mereka sebut Salafi. Faktanya, secara level dunia, universitas al-Azhar merupakan kampus Islam terbanyak mahasiswanya sampai detik ini. Jadi, sama sekali tidak menjadikan sepi mahasiswanya. Sampai sini paham?

Bahkan kampus-kampus di Timur Tengah, yang mayoritas didirikan oleh alumni al-Azhar. Awal pendiriannya selalu dibantu tenaga pengajar dari al-Azhar. Bahkan walaupun pada akhirnya kampus tersebut berhaluan beda teologisnya.

Universitas Ummul Qura Mekah, dibangun oleh bantuan intelektual ulama al-Azhar. Demikian juga Univesitas Islamiah Madinah. Kini keduanya berubah haluan menjadi kampus Wahabi. 

Universitas al-Ahgaf Yaman sudah masyhur yang menyusun kurikulumnya adalah para ulama al-Azhar. Sampai hari ini beridentitas tetap berhaluan Aswaja. 

Apakah kampus-kampus di atas menjadi sepi mahasiswa karena menampakkan identitas teologis? Sama sekali tidak. Justru membludak. 

Identitas Level Ormas

Beberapa ormas di dunia, secara resmi berhaluan Aswaja, bukan Wahabi. atau juga Syiah.

Organisasi Usrah Dandrawiyah (Aswaja) di Mesir. Ini ormas sosial yang cukup tua dan sangat besar. Dibangun tahun 1800-an. Jaringannya sudah mendunia.

Sedangkan ormas NU di Indonesia secara resmi dalam AD/ART menampakkan identitas teologisnya. Apakah sepi peminta? Sama sekali tidak. Beberapa lembaga survey sudah pernah menghitung populasi kader NU. Jumlahnya fantastis, puluhan dan hampir mendekati ratusan juta. Menjadi yang terbesar kadernya.

Ormas NW (Nahdlatul Wathon) di Indonesia juga secara resmi Aswaja. Demikian juga Perti, Al-Wasliah. Apakah mereka sepi peminat? Tidak. Bahkan jaringan pesantren NW di Lombok terutama, adalah mayoritas. Jebolannya diakui secara nasional dan beberapa internasional. 

Identitas Level Pesantren

Pesantren apa di Indonesia yang terbanyak jumlah santrinya? ya jelas Pesantren Lirboyo. Di Kediri pusatnya, santrinya tidak kurang dari 40 ribu. Dan jumlah itu terus meningkat. Ponpes ini secara resmi menampakkan identitas teologisnya. Tidak abu-abu sama sekali. Toh sangat laris.

Ada lagi Sidogiri, Ploso Kediri, Tebuireng Jombang, An-Nur Bululawang, Al-Anwar Sarang, Manonjaya Tasikmalaya, dan masih banyak lagi. Ponpes-ponpes besar itu menampakkan secara jelas identitas teologisnya dan tak pernah kekurangan santri. Jaringan alumninya sudah menyebar secara nasional menjadi banyak tokoh. Mereka tak pernah kekurangan santri hanya karena menampakkan identitas teologisnya. 

Identitas Level Majelis Taklim

Siapa yang tak pernah mendengar Majelis Shalawat Guru Sekumpul di Martapura? Ia mungkin majelis taklim terbesar di Asia Tenggara. Secara resmi bertarekat dan Aswaja. Sangat jelas identitasnya. 

Di Jakarta dan sekitar, majelis taklim yang jelas Aswaja sangat merajai. Jamaahnya membludak setiap evennya. Ada Majelis Rasulullah, Majelis al-Busyra, Zadul Maad, al-Fachriyyah, dan masih banyak lagi. Mereka semua menampakkan identitas teologisnya sebagai Aswaja dan tidak pernah sepi para aktivisnya. 

Identitas Level Masjid

Ada banyak masjid yang jelas Aswajanya dan sangat membludak jamaahnya. 

Masjid Bintaro, Masjid al-Fitrah Surabaya, Masjid Kadilangu Demak, Masjid Menara Kudus, Masjid Jami’ Lasem, Masjid Kajen, dan masih banyak lagi. Semua masjid itu identitas teologisnya jelas dan tak pernah kekurangan jamaah shalat dan ngaji. Bahkan digunakan kegiatan hafalan al-Quran dan tarekat. Dan sampai hari ini terpasang jelas papan Nahdlatul ulama yang mengayominya.

Lalu, manakah fakta aktual bahwa dengan membuatnya menjadi tidak abu-abu akan menjadikan jamaahnya sepi pengunjung dari kalangan milenial? Tidak ada fakta seperti itu. Mereka yang berkomentar sama sekali tak punya dasar bukti otentik. Bisa jadi komentator khawatir saja, dengan identitas sejelas itu, pasti kelompok wahabi akan terpinggirkan otomatis. Jelas lah... Tujuan NU berdiri kan memang memberantas wahabi. Masih ingat tho?

Ya sebenarnya gak perlu khawatir sepi karena ditinggal jamaah wahabi. Lah wong mereka sejak awal kelompok kecil kok. 

Malah justru kalau ingin ramai masjidnya, tampakkan identitas teologi Aswaja. Mengapa harus memberatkan jamaah kecil Salafi, dan malah membuat tak nyaman jamaah besar Aswaja di NKRI? Perangai ini dalam sudut pandang marketing malah salah total. Ambil ceruk kecil, padahal ceruk besarnya masih sangat terbuka kesempatan.

Sebagian dari kita memang kurang jauh ngopinya. Kopinya juga kurang kentel.... 

Mari tampakkan identitas teologis masjid-masjid kita di Nusantara! (Muhammad Nora Burhanuddin, sedikit editing NM)

COMMENTS

Nama

AjaranNU,11,Akidah,10,AmaliyahNU,7,Antihoax,4,Bandengan,3,Banom,25,Banser,4,Bapangan,2,Bulu,2,Demaan,2,Fatayat,6,Gpansor,6,Hikmah,15,Internasional,15,IPNU IPPNU,9,Jatman,2,Jepara,32,Jobokuto,2,JQH,5,Kajian,27,Karangkebagusan,1,Kauman,1,Kedungcino,3,Keislaman,30,Kuwasen,3,Lakpesdam NU,1,LAZISNU,1,LBMNU,2,LDNU,4,LESBUMI,1,LFNU,1,LKNU,2,LPBHNU,1,LPNU,1,LTMNU,3,LWPNU,1,Maarif,6,Mulyoharjo,1,Muslimat,8,MWCNU,23,Nasional,30,News,68,NU,28,NUabad21,6,NUDunia,7,Pagarnusa,1,Panggang,1,Pendidikan,7,Pengkol,1,Potroyudan,1,RMI,5,Saripan,3,SejarahNU,8,Tokoh,7,Ujungbatu,1,Wonorejo,3,Ziarah,11,
ltr
item
MWC NU Jepara: Masjid yang beridentitas Aswaja Harus ditampakkan
Masjid yang beridentitas Aswaja Harus ditampakkan
Masjid yang beridentitas Aswaja Harus ditampakkan. Masjid Bintaro, Masjid al-Fitrah Surabaya, Masjid Kadilangu Demak, Masjid Menara Kudus, Masjid Jami
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRzGgrbQGgU7tEdgFMqWmwyjjtxISV6NJCF7IfR6Qpv1yP484xm6_PtX3P7FuL-qUehhyJBzXGYano7Fi-PBy4yZUvQ-cwmKt00InPAuuIxVnUBlWIDDHKl0BoSFPWWUitPgR0vKflY4Hjdc4PdHFktqHFF2YqO3GU_rez5wx8JwbypPze90Wk99as/w640-h366/masjidaswaja.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRzGgrbQGgU7tEdgFMqWmwyjjtxISV6NJCF7IfR6Qpv1yP484xm6_PtX3P7FuL-qUehhyJBzXGYano7Fi-PBy4yZUvQ-cwmKt00InPAuuIxVnUBlWIDDHKl0BoSFPWWUitPgR0vKflY4Hjdc4PdHFktqHFF2YqO3GU_rez5wx8JwbypPze90Wk99as/s72-w640-c-h366/masjidaswaja.jpg
MWC NU Jepara
https://www.mwcnujepara.com/2022/08/masjid-yang-beridentitas-aswaja-harus.html
https://www.mwcnujepara.com/
https://www.mwcnujepara.com/
https://www.mwcnujepara.com/2022/08/masjid-yang-beridentitas-aswaja-harus.html
true
3557243800941901703
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy