Musabaqoh Qiroatul Kutub akan digelar di Jepara oleh Kemenag | Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Jepara Kota

Musabaqoh Qiroatul Kutub akan digelar di Jepara oleh Kemenag

Kemenag (kementrian agama) dari direktur Pendidikan Madrasah Diniyah dan Ponpes (Pondok Pesantren) bpk. Ahmad Zayadi menyatakan bahwa Kemena...

Kemenag (kementrian agama) dari direktur Pendidikan Madrasah Diniyah dan Ponpes (Pondok Pesantren) bpk. Ahmad Zayadi menyatakan bahwa Kemenag akan mengadakan Musabaqah Qira'atul Kutub (MQK) di Jepara di akhir 2017.
Menurut Kemenag bahwa acara MQK tersebut adalah instrumen yang paling penting guna membangun generai bernilai kebangsaan dan religius. Generasi yang terbentuk tersebut akan dapat bergaul dengan para masyarakat dengan dinamis dan kritis guna membangun masyarakat tersebut.

"Hal ini menjadi sangat tepat jikalau semboyan dari Pondok pesantren sebagai penguatan generasi yang karakter dan kepribadian bangsa dijadikan sebagai tema Musabaqah qira'atul kutub kali ini," terang Ahmad. Jumat (25/8).

Ahmad menjelaskan bahwa ada 3 langkah strategis yang digunakan oleh penyelenggaraan MQK terssebut. Yang Pertama, MQK adalah sebagai media dan sarana untuk menguatkan ukhuwah yang akan mempersatukan umat Islam di Indonesia. MQK juga akan sebagai bagian dari wahana yang penting, karena mengingat seluruh jumlah pondok pesantren dan para santri di Indonesia.

Jalinan persaudaraan dan silaturrohim yang terbentuk dengan kuat di antara para santri dan umat islam, ini akan menjadi pengaruh yang positif untuk pembangunan generasi bangsa, baik pembangunan generasi dari mental maupun dari spiritual.

Yang Kedua, MQK akan menjadi pendorong generasi muda dalam meningkatkan keilmuan dan kecintaan seluruh santri dengan kitab kuning yang telah dipelajarinya. Hal ini menjadikan keberadaan pengetahuan dan keilmuan serta materi-materi yang ada di Pondok pesantren. Kecintaan kelimuan terhadap kitab-kitab klasik akan menjadi lebih diperhatikan. Hal ini akan mengurangi pola belajar dengan materi umum yang ada di pesantren tersebut.

Yang Ketiga, MQK adalah sebagai pembangun murojaah para santri di dalam memperdalam ilmu klasik di kitab kitab klasik. Mengkaji dan murojaah diantara para santri akan menjadi lebih hidup. Ahmad menjelaskan bahwa mengkaji ini diperlukan ilmu mantiq yang mumpuni, yaitu kemampuan daya pikir yang kritis, rasio, daya nalar serta logika yang cukup.

Musabaqah Qiroatul Kutub adalah upaya dari Kemenag sebagai media dan penyalur metamorfosis dari kalangan Pondok pesantren. Hal ini diharapkan kalangan Ponpes tidak hanya membahas permasalah ubudiyah saja. Akan Tetapi dengan MQK diharapkan mampu memberikan solusi atas permasalahan secara langsung yang ada di dalam masyarakat saat ini. (mwcnujepara)

COMMENTS

Name

AjaranNU,1,Akidah,4,AmaliyahNU,2,Bandengan,2,Banom,21,Banser,2,Bapangan,1,Fatayat,3,Gpansor,4,Hikmah,10,Internasional,9,IPNU IPPNU,5,Jepara,12,Jobokuto,1,JQH,3,Kajian,10,Kedungcino,1,Keislaman,12,Kuwasen,2,Lakpesdam NU,3,LBMNU,2,LDNU,1,LESBUMI,1,LFNU,1,LKNU,1,LPBINU,3,LTMNU,1,Maarif,5,Muslimat,3,MWCNU,10,Nasional,13,News,28,NU,6,NUDunia,3,Pendidikan,4,RMI,4,Saripan,2,SejarahNU,1,Tokoh,5,Wonorejo,1,Ziarah,6,
ltr
item
Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Jepara Kota: Musabaqoh Qiroatul Kutub akan digelar di Jepara oleh Kemenag
Musabaqoh Qiroatul Kutub akan digelar di Jepara oleh Kemenag
https://3.bp.blogspot.com/-SLtTAKvSPhI/WaJN4YI2nYI/AAAAAAAAAQ4/EULGlyusetg7JAubt9J4SRg8iKicmhYygCLcBGAs/s320/kitab-kuning.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-SLtTAKvSPhI/WaJN4YI2nYI/AAAAAAAAAQ4/EULGlyusetg7JAubt9J4SRg8iKicmhYygCLcBGAs/s72-c/kitab-kuning.jpg
Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Jepara Kota
http://www.mwcnujepara.com/2017/08/musabaqoh-qiroatul-kutub-akan-digelar.html
http://www.mwcnujepara.com/
http://www.mwcnujepara.com/
http://www.mwcnujepara.com/2017/08/musabaqoh-qiroatul-kutub-akan-digelar.html
true
3557243800941901703
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy